POWER OCL 350 WATT 62 VOLT

Sebuah Mixer dengan Power Amplifier ber supplai 62 Volt simetris dan menghasilkan daya audio hingga  350 Watt ( 4 Ohm ) jenis OCL di dalamnya saya temukan pada saat saya kelayapan di Internet yang memungkinkan untuk anda kloning.

Saya katakan demikian karena jika saya perhatikan di sini bahwa rangkaian power ini cukup lumrah dan tidak rumit banget seperti power amplfiier sejenisnya. 

Skema Power amplifier di bawah ini adalah milik sebuah Mixer dengan Power merk YAMAHA seri EMX3500 yang produksi pada era 90-an. Penampakan mixer adalah LIHAT SINI.

Menurut buku panduan, mixer ini tersedia dalam 12 dan 16 kanal input.Untuk mendapatkan file brosur silahkan ambil DI SINI

Skema bisa ambil di AUDIOSERVICEMANUALS.COM atau link milik ESERVICEINFO.

Berikut ini adalah potongan skema power amplifier setelah beberapa edit milik mixer merk YAMAHA ini:

Seksi Power pada mixer YAMAHA EMX3500

PENJELASAN SKEMA

Rangkaian power amplifeir ini terdiri dari beberapa blok, antara lain adalah:

  • Preamplifier, 
  • penguat tegangan,
  • Servo Driver,
  • OCP ( Over Current Protection )
  • Driver Amplifier,
  • Final Power Amplifier

Preamplifier pada rangkaian ini menggunakan prinsip pasangan ekor panjang atau biasa kita sebuat dengan Differensial Preamplifier. 

Pada blok ini melibatkan 4 transistor yakni Q201, hingga Q205.

Transistor power adalah menggunakan 3 pasang 2SC3856  / 2SA1492 yang masing masing memiliki kemampuan dissipasi daya hingga 130 Watt ( DATASHEETS ).

Sepasang SANKEN A1492 / C3856

Ini berarti dengan 3 pasang transistor saja telah mampu menyediakan daya hingga 400 Watt. Jadi ada benarnya jika sang pabrik mengatakan bahwa ia mampu menghasilkan daya audio 350 Watt pada beban 4 Ohm mengingat kemampuan transistor di atas angka klaim tersebut.

Terlebih lagi jika power supplai untuk power amplifier ini adalah sebesar 62 Volt, maka dapat kita hitung bahwa dengan beban 4 Ohm akan menghasilkan daya 350 watt adalah memang tepat karena Watt klaim mendekati hitungan matematis.




Komentar