POWER INDIA OCL 400 WATT NRS AUDIO RS11

Ketika saya berkunjung ke website dagangan online orang India,  Indiamart , saya tertarik dengan sebuah produk dagangan PCB dengan nama Power Amplifier 400 Watt Mono Tower And Subwoofer, buatan NRS AUDIO RS11.

Setelah saya perhatikan, ternyata PCB dagangan ini adalah  kit Power Amplifier ber-model Jembatan / BTL.

Yang menarik perhatian saya adalah kit power amplifier ini membutuhkan banyak sumber tegangan dari travo, seperti 33 VCT ​​( perlu 2 buah ), 18VCT ( untuk mensuplai rangkaian OPAMP BTL ), 12VAC ( untuk mensuplai Kipas Pendingin ), dan 9VAC ( untuk memasok USB 5Volt ).

Tapi setelah saya perhatikan PCB, sepertinya 12VAC untuk kipas dan 9 VAC untuk USB adalah masalah dengan Diode Kuprox yang tidak memiliki lubang bor.

Berikut tampilan layout PCB dan jalur PCBnya :


Pendapat saya adalah, daya dari Power Amplifier ini tidak sampai 400 Watt jika kita lihat dari jumlah transistor keluaran akhir yang hanya 1 pasang pada setiap kanalnya.

Lembar data untuk transistor ini mengatakan bahwa transistor nomor 2SC5200 / 2SA1943 memiliki kapasitas disipasi maksimum hanya 150 Watt (DATASHEETS). Artinya kemampuan output amplifier ini akan selalu dibawah 150 Watt.

Meskipun amplifier ini dalam mode Bridge atau BTL, daya amplifier ini masih maksimal hanya 300 Watt.

melihat PCB nya, jika input supplai kit ini berasal dari trafo yang hanya 35VCT, maka jelas tegangan yang akan dihasilkan sekitar 49 VDC simetris.

Secara matematis memang benar jika tegangan 49 Volt memungkinkan menjadi 200 watt per kanal dengan beban 4 Ohm. Namun jika power transistor hanya maksimal 150 Watt menurut saya masih akan membuat transistor ini overheat  bahkan rusak jika power amplifier ini anda paksa bekerja maksimal.

Saya malah berpikir amplifier ini akan lebih bagus jika berjudul BTL 200 watt saja.



Komentar