POWER OCL INDIA SALCON TAKARA 95

Tulisan ini tentang hasil terjemahan saya pada kit power amplifier OCL buatan orang India merk SALCON TAKARA 95 yang menggunakan pasangan transistor 5200 dan 1943. SALCON adalah nama merk Peralatan Elektronik terkenal di India dan produknya menyebar ke seluruh dunia melalui perdagangan online.

Salah satu produk SALCON yang paling terkenal adalah Modul Power Amplifier bernama TAKARA 95 yang hadir dalam 2 model berbeda, kit stereo dan kit mono.

Saya mencoba mengamati rangkaian power amplifier ini hanya dengan melihat video di yutub dan foto di indiamart.

Berikut adalah gambar dari sisi tata letak kit amplifier ini:


 Tata letak komponen termasuk rapi dan nampak sederhana hampir mirip dengan kit power ampli ala negeri kita. Dengan melihat kit ini maka jelas ini adalah kit power Stereo karena kelihatan kembar.

Selanjutnya adalah jalur PCB untuk power amplifier ini.


Hal yang menarik di sini adalah transistor untuk driver servo tidak berada pada pendingin yang sama dengan transistor power amplifier.

SKEMA HASIL TRACING DAN PENJELASAN

Selanjutnya dari 2 gambar ini akan saya gambarkan rangkaiannya menggunakan software gambar skematik elektronik dan hasil pengamatan saya seperti dibawah ini :


Pendapat saya dari gambar rangkaian di atas adalah bahwa power amplifier ini merupakan rangkaian power amplifier yang sederhana, masih mengandalkan kapasitor Boostrap C4 pada jalur outputnya untuk memperkuat sinyal.

Penstabil tegangan pada rangkaian preamp menggunakan lampu LED pada sisi dasar transistor Q7.

GAIN rangkaian ditentukan oleh rasio nilai resistor input R7 dengan nilai resistor umpan balik R6.

Rangkaian ini telah ada fitur Servo Driver yang dilakukan oleh Q6, hanya saja letak transistor ini masih di PCb, tidak menempel di pendingin transistor final outputnya.

Driver amplifier dan power amplifier menjadi satu dengan pelengkap gaya darlington atau sering kita sebut Sziklai.

Transistor final output pada video dan gambar menggunakan TTC5200 dan TTA1943 pada prinsipnya adalah transistor buatan TOSHIBA dengan nomer 2SC5200 / 2SA1943 yang memiliki kemampuan dissipasi daya hingga 150 watt ( DATASHEETS ).   

Hanya saja transistor nomer TTC / TTA lebih murah dari 2SC / 2SA ( yang ori ). TTC TTA memiliki GAIN rangkaian yang lebih kecil daripada 2SC 2SA. dan kapasitor internal TTA TTC lebih besra dari 2SA 2SC ( DATASHEETS ).



Komentar