POWER TANPA RESISTOR KAPUR SALCON GOLD 258

Pada suatu hari saya kelayapan di internet untuk melihat macam Power Amplifier di negara lain dan saya temukan sebuah amplifier bernama SALCON GOLD 258 yang di dalamnya tanpa menggunakan resistor kapur untuk transistor Final Powernya.

SALCON GOLD adalah sebuah kit Power Amplifier 2.1 ( 3 amplifier dalam 1 kit PCB ) buatan SALCON, pabrik ampli dari megeri INDIA.

Dalam kit ampli tersebut hanya menggunakan sepasang transistor Power dan tersedia ada 3 buah Ampli dalam satu PCB. Penampakan adalah seperti foto di bawah ini:


 Dimana resistor kapurnya? kenapa tidak ada?

Karena saya penasaran maka saya mencoba mencari info skema dari amplifier ini. Karena tidak menemukan skema yang saya inginkan maka saya putuskan untuk menggambar sendiri rangkaian power amplifier ini dengan metoda tracing dan drawing.

BAGAIMANA SKEMA NYA

Dari hasil observasi saya maka menghasilkan gambar seperti di bawah ini:

Skema hasil tracing pada kit amplifier buatan SALCON nomer 258

Dari skema di atas saya bisa katakan bahwa rangkaian ini termasuk sederhana. Saya katakan demikian karena Power Amplifier ini hanya menggunakan 7 buah transistor termasuk transistor Final Power.

Tingkat penguatan transistor pun masih 4 tingkat, yakni mulai dari Preamplifier ( Q1 ), Voltage Amplfiier ( Q3 ), Driver Amplifier ( Q4, Q5 ) hingga Final Power Amplifier ( Q6 dan Q7 ). 

BERAPA TEGANGAN YANG DIPERLUKAN UNTUK RANGKAIAN INI

Kita bisa menentukan berapa tegangan kerja yang tepat untuk rangkaian ini maka kita bisa menghitung dari besar beban speaker dahulu.

Anggap saja satu Power amplifier ini untuk mendorong speaker 8  Ohm. Maka kita bisa menentukan tegangan kerja dengan melihat berapakah dissipasi daya dari transistor final ini.

Jika transistor final adalah memiliki kemampuan output maksimum hingga 150 Watt, maka   gunakan tegangan 38 hingga 42 Volt simetris untuk 8 Ohm.

Namun jika beban yang akan anda pasang adalah speaker 4 Ohm, maka saya sarankan gunakan tegangan supplai  33 hingga 35 Volt simetris.



 

Komentar