POWER OCL INDIA SALCON 200W

Lagi browsing , saya menemukan modul kit terkenal dari India merk SALCON yang menjual kit power amplifier OCL stereo 200 watt yang menggunakan transistor final C5200 dan A1943. Diode penyearah dan Elco Filter telah tersedia di dalam rangkaian PCB ini.

Saya mencoba mencari tahu bagaimana skema rangkaian bekerja akan tetapi sepertinya tidak dapat menemukan informasi yang saya butuhkan. Mungkin karena ini hanya ada di India atau saya saj yang kurang update informasi tenatng amplfiier ini.

Akhirnya saya mencoba meng observasi sendiri rangkaian power amplfieir ini melalui kanal youtube dan saya terjemahkan sendiri dengan versi saya.

Berikut ini adalah sumber gambar untuk teliti:

Penampakan Layout dan jalur PCb pada kit power amplifier SALCON
 

Dari sini saya mencoba memahami skema power amplifier menurut kaidah audio.

 Note : Untuk memudahkan terjemahan skema ini maka  saya tidak menyertakan rangkaian power supply dan filter elco.

Berikut adalah gambar skema hasil tracing saat saya lakukan observasi  kit amplifier ini:


 

Catatan: Nilai komponen mungkin salah karena saya hanya melihat PCB dan kit melalui video dan memiliki masalah dengan visibilitas video.

Dalam 1 kit amplifier hanya menggunakan 10 transistor, 8 untuk casing preamplifier dan 2 untuk power amplifier final.

Tegangan apa yang diperlukan untuk kit ini? Jawab: Antara 35 dan 55 volt. Jika Anda menggunakan beban speaker 8 ohm, gunakan hingga 52 VDC secara simetris.

Tetapi jika Anda menggunakan beban 4 ohm, gunakan saja suplai simetris hingga 40VDC untuk melindungi transistor Anda.

Modul kit SALCON versi RED ICE SERIES 337 menyatakan bahwa transformator 50VCT digunakan.



 

Komentar