SKEMA DRIVER MICRO TEF 500

 DRIVER MICRO TEF 500 adalah sebuah Kit Driver Amplifier buatan anak bangsa yang rangkaian skema dan kit nya terkenal dan mendapatkan tempat di hati para penggemar audio di negeri ini hingga memiliki komunitas tersendiri di media sosial.

TEF sendiri singkatan dari Three Emiter Follower yang berarti rangkaian 3 tingkat menggunakan prinsip pengikut emitor. Maksudnya adalah sebuah input akan masuk ke basis. Output nya adalah emitor. Selanjutnya masuk ke Basis kembali dan outputnya adalah Emitor. 

TEF bersifat menguatakan arus, dan bukan menguatkan tegangan.Maksudnya adalah ketika ada tegangan yang besar tetapi ia memiliki impedansi yang tinggi maka ia tidak akan mampu untuk menggerakkan daun speaker yang berimpedansi di bawah 10 Ohm.

Yang dimaksud dengan PCb Driver di sini adalah rangkaian ini masih harus terhubung dengan serangkaian Transistor Final Power Amplifier seperti pasangan TOSHIBA 2Sc5200 2Sa1943 maupun SANKEN 2SC2922 2SA1216.

Menurut pedagang dan beberapa informasi, memerlukan 4 pasang transistor SANKEn maupun TOSHIBA untuk bisa konek dengan kit PCB ini.

Berikut ini adalah skema hasil tracing dari PCB MICRO TEF 500 ini:




Saya ambilkan sebuah gambar PCb kosong yang belum ada komponennya untuk saya tracing seperti ini:


 PCB ini adalah sebuah dagangan dari pak bos MUARIF EFFENDI yang terkenal di dunia PCb dan kit AUDIO di Endonesa.


Komentar