OCL 150 WATT 3055 SAJA CAP BRANDAL RG

Skema ini adalah skema modifikasi yang saya ambil dari sebuah skema Power Amplifier OCL dengan transistor final 3055 saja yang mampu menghasilkan daya hingga 150 watt merk RANDALL seri RG yang saya beri nama CAP BRANDAL.

BRANDAL adalah istilah Jawa yang berarti pemuda atau remaja nakal. Tapi dalam tulisan ini saya artikan sebagai pemuda yang ada saja akal-akalannya untuk membikin Power Amplifier meskipun transistor pasangannya terbakar.

Cukup dengan menggunakan komponen lokal, maka kita bisa memiliki sebuah amplifier sederhana yang yang hanya menggunakan transistor TIP3055 saja tanpa perlu membeli pasangannya.

Kit amplfieir ini cocok untuk pemilik transistor final power yang rusak pada sisi PNP nya sehingga hanya menyisakan transistor 3055 saja.

Berikut adalah hasil edit skemanya:

 


Blok komponen adalah sebagai berikut:

  • Penguat Awal
  • Penguat tegangan
  • Driver Amplfier 2 tingkat
  • Final Power

Penguat awal pada rangkaian ini menggunakan transistor 2SC945 yang merupakan transistor sejuta umat.

Pada rangkaian ini ada pula sebuah kapasitor bostrap negatif C35 dan bostrap positif C34 yang menjamin hasil audio menjadi lebih lebar.

Kita bisa mengatur GAIN dari power ini dengan mengutak-atik nilai resistor Feedback R45 dan R46 atau bisa juga menaik turunkan nilai resistansi resistor input  R44.

Jika ingin lebih kuat pada nada SUB dan LOW maka naikkan saja kapasitor input C33 dan C34 ke nilai yang lebih besar.

Jika ingin stabil pada rangkaian preamp ini maka gunakan diode zener ZD15 Volt dan paralel dengan C1. Awas posisi Anoda Katoda jangan salah / terbalik. Pastikan tegangan pada C1 adalah 15VDC saat anda beri diode Zener.

Thermistor RT1 bisa anda hilangkan jika pendingin pada rangkaian ini anda anggap bagus.

Semua resistor adalah 0,5 watt kecuali yang ada tandanya seperti pada resistor untuk 3055 dan resistor Seri untuk Speaker.

BACA SUMBER ASLI RANGKAIANNYA DISINI.

BACAAN YANG HAMPIR MIRIP DISINI.



Komentar