POWER OCL 300 WATT G FAAD

 


Pada saat saya kelayapan di indiamart, saya menemukan sebuah dagangan online PCB Power Amplifier dengan judul G FAAD. G FAAD adalah nama istilah di negeri Mahabarata, India.

Sepintas saya memperhatikan jika PCB ini adalah berjalur lapis ganda atau Double Layer. Saya rasa PCb amplifier bouble layer pasti berharga lebih mahal dari PCB OCL umumnya di negeri kita.

Selanjutnya saya mencoba mencari sumber gambar yang bagus sekiranya untuk keperluan observasi .

Berikut ini adalah potongan foto PCB yang meliputi jalur dan layout komponennya:

 

Jelas di sini PCb adalah layar ganda. Karena pada sisi layout komponen masih nampak ada jalur PCB dan lubang penghubung sisi atas dan sisi bawah.

Selanjutnya dengan modal PCB dan layout ini maka saya lakukan penterjemahan menjadi seperti gambar di bawah ini:  

Note: saya hanya terjemahkan sisi Power Amplifier satu kanal saja karena kanal yang lain ber skema sama. Kemudian rangkaian penyearah kuprox dan Elco Filter DC tidak saya ikutkan.

Dari skema di atas dapat kita ketahui bahw rangkaian terdiri dari beberapa blok antara lain adalah:

  • Preamp Differensial, 
  • Penguat tegangan dengan semacam cermin arus,
  • Driver Amplifier, dan
  • Final Power Amplifier

Bagi saya, rangkaian ini termasuk sederhana. Mirip dengan beberapa skema ampli OMBRO yang ada di negeri kita.




Komentar