SKEMA OCL HITACHI AXF

Sebuah skema lawas buatan HITACHI AXF saya peroleh saat saya sedang kelayapan di internet untuk mencari Power Amplifier OCL jadul .

Saya temukan sebuah amplifier buatan HITACHI seri AXF 300 ini serta saya perhatikan alur skema nya. 

Nampak bahwa rangkaian sudah lumayan bagus karena ada macam-macam fitur.

Note: rangkain speaker Protection, Power Supplai, Digital sistem dst sengaja tidak saya review.

Karena skema amplifier ini agak buram, maka saya putuskan untuk melakukan gambar ulang hingga menghasilkan gambar seperti di bawah ini:


Dari sini kita bisa lihat bahwa rangkaian Power Amplifier ini menggunakan 4 tingkat penguatan, yakni:

  • Mulai dari Penguat Awal, selanjutnya
  • Penguat Tegangan, lalu,
  • Driver Amplfieir, dan 
  • terakhir adalah Penguat Akhir.

Pada penguat awal menggunakan transistor nomer 2SA970 dan ini bisa nada ganti dengan transistor nomer A733, A564.

Penguat tegangan pada rangkaian ini menggunakan prinsip penguat 2 phasa, yakni transistor Q4 sebagai penguat tegangan utama dan Q3 hingga Q6 bertugas sebagai semacam cermin arus untuk lawan phasa dari Q4.

Diantara kolektor penguat tegangan Q4 dan Q6 ada fitur Servo Driver yang melibatkan Q7.

Selanjutny masuk ke driver amplifier Q8 dan Q9 serta berakhir ke Final Power Amplifier Q10 dan Q11.

Final Power Amplifier menggunakan transistor lawas nomer C4278 /A1633 yang merupakan transistor yang memiliki total dissipasi daya hingga 100 Watt ( DATASHEETS ).

  



x

Komentar