SKEMA DRIVER KENWOOD 88

Tulisan ini saya beri nama KENWOOD 88  karena telah berhasil menggambar skema edit yang berasal dari sebuah servis manual Power Amplifier buatan KENWOOD  KA88 dan saya ambil mulai preamp sampai Driver Amplifiernya saja.

Ini sengaja saya membuang transistor Finalnya karena saya berpendapat bahwa sepertinya Power Amplifier ini akan mampu menghasilkan daya hingga  400 Watt dengan menggunakan tegangan 66 Volt dan beban speaker 4 Ohm.

SKEMA

Berikut ini adalah skemanya:




Dari skema di atas nampak bahwa rangkain ini menggunakan preamp differensial 2 tingkat untuk menaikkan kepekaan rangkaian.

Faktor GAIN juga nampak besar dengan melihat perbandingan resistor Feedback R8 terhadap resistor input  R7.

Untuk transistor Final silahkan menggunakan transistor Final yang anda kenal. Note: Jika menggunakan tegangan supplai 66 Volt maka pastikan anda menggunakan transistor Final 3 pasang buatan TOSHIBA, atau 2 pasang transistor buatan SANKEN.

SIMULASI

Rangkaian ini mengalami gagal simulasi pada saat saya menggunakan software simulator.

Hasil perbaikan skema atas kegagalan rangkaian akan segera disampaikan di tulisan ini.

KOMPONEN PENGGANTI

Jika anda membuat kloningan rangkaian ini maka akan ada kendala beberapa komponen yang tidak ada di pasaran negeri kita.

Karena itu saya membuatkan persamaan transistor untuk rangkain Driver Power ini.

Berikut ini adalah karakter masing masing tranisstor nya:

2SC1845 : NPN, TO92, hfe 600, 500mW, VCE 120V,  ( DATASHEETS ).

2SA992: sama dengan 2SC1845 hanya PNP ( DATASHEETS ).

2SC2632: NPN, TO92L, hfe 200, 1W, VCE 150V, ( DATASHEETS ).

2SA1535: PNP, TO220, hfe100, 15W, VCE 150V, ( DATASHEETS ). 

Dari patokan di atas maka anda bisa menentukan transistor yang bisa menggantikan transistor asli pada rangkaian gambar ulang di atas.




Komentar