SKEMA VULCANO STEREO TONE DAN SUBWOOFER

Sebuah PCB Power  dengan 3 kanal amplifier dan ada fitur Tone Control stereo serta Subwoofer dengan nama VULCANO  saya temukan di Internet saat melihat lihat dagangan di TOKOIJO, sebuah web jual beli terkenal di negeri kita.

PCB Power Amplifier ini berisikan masing-masing sepasang transistor buatan TOSHIBA C5200 A1943 yang berarti kemampuan masing - masing kanal adalah 150 Watt DC sesuai DATASHEETS.

Jika demikian, berarti ada total daya yang akan masuk ke PCB ini sebesar 450 Watt DC.

Jika kita melihat PCB nya, maka saya menyarankan untuk menambahi jalur supplai dari elco ke transistor Final dengan lapisan timah untuk menambah volume jalur ke transistor Final Output.

Berikut ini adalah penampakan PCB amplifier VULCANO ini:

PCB VULCANO

Nampak pada PCB ini ada total 5 buah potensio yang bekerja sebagai pengatur nada 3 buah  LOW, MID dan HI serta 2 pengatur Level untuk VOLUME dan SUBWOOFER.

Pada PCB ini ada 3 IC OPAMP yang bekerja sebagai komponen aktif untuk Tone Control ( 2 IC ) dan 1 buah OPAMP untuk urusan Filter aktif Subwoofer.

PCB ini dilengkapi pula dengan Blok Penyearah jembatan dan Elco filter senilai 6.800uF/50V kembar untuk memfilter tegangan simetris.  

SKEMA TRACING

Karena belum ada skema dari PCB ini maka saya mencoba untuk lakukan tracing pada salah satu kanal Power Amplifier dari PCB ini. 

Berikut ini adalah skema Power Amplifier VULCANO hasil tracing:

Skema Tracing VULCANO STEREO


Skema Power Supplai, Tone Control dan Filter Subwoofer tidak saya tracing.

Dengan melihat skema di atas, maka kita bisa lihat bahwa rangkaian power ampli ini adalah jenis Power Amplifier simetris.

Power Amplifier Simetris terkenal bagus dalam mengolah sinyal audio karena ia bisa menekan angka cacat silang pada pertemuan sinyal phasa positif dengan negatif.

Hanya saja jadi perlu transistor lebih banyak dari biasanya untuk mengejar hasil tersebut.



Komentar