OCL 100 WATT 3055 GRADIENTE

Tulisan ini tentang sebuah skema Power Amplifier OCL dengan total 12 transistor yang menggunakan final transistor nomer TIP3055 / TIP2955 daya 100 watt yang saya ambil skemanya dari merk GRADIENTE .   

Menurut beberapa reviewer, Power Amplifier ini menghasilkan output hingga 85 Watt pada beban 8 Ohm.

Namun bila saya kalkulasi, dengan menggunakan tegangan supplai 32 simetris dengan beban 8 Ohm makan hanya akan ketemu angka 62 Watt saja.

Saya menduga output ini akan menghasilkan daya 92 Watt dengan beban 4 Ohm jika saya menghitung secara matematis.

Terlepas dari itu, skema power ampli ini hanya saya ubah pada transistor finalnya saja menggunakan si jengkol 3055 / 2955 atau TIP3055 / 2955.

Transistor sejuta umat ini memiliki kemampuan dissipasi hingga 115Watt yang berkemasan TO-3 ( DATASHEETS )dan  90 Watt untuk kemasan TO-247 ( DATASHEETS ).

Berikut adalah skema hasil gambar ulang dari Power Amplifier GRADIENTE M366 ini:


Dari skema di atas maka kita bisa tahu bahwa rangkaian ini terdiri dari beberapa blok, yaitu:

  • Preamp differensial
  • Penguat tegangan  2 phasa
  • Servo Driver
  • Over Current Protection
  • Driver Amplifier
  • Final Power Amplifier

Skema power ini sepertinya mudah untuk anda melakukan kloning.



Komentar