SKEMA POWER STEREO 1200 WATT

Pada saat saya kelapan mencari dagangan PCB maupun kit Power Amplifier, saya tertarik dengan sebuah PCb dengan judul POWER STEREO 1200 WATT.

PCB mengatakan bahwa ada angka 1200 Watt akan tetapi hanya menggunakan 4 pasang transistor SANKEN untuk membangun rangkaian kit stereo ini.

Padahal Transistor seri ini adalah transistor yang memiliki kemampuan dissipasi daya hingga 200 Watt ( DATASHEETS ). 

Ini berarti jika setiap kanal ada 2 pasang transistor maka transistor hanya akan mampu menyuguhkan daya hingga 400 Watt tiap kanal atau 800 Watt kanal stereo.

Jadi 1200 nya dimana nih? Dan lagi dalam cetakan jalur PCb menyebutkan bahwa tegangan antara 25V hingga 45 Volt maka saya semakin yakin jika menghasilkan daya sebesar 1200 watt adalah mustahil.

1 kanal 1200 Watt setidaknya memerlukan tegangan 115 Volt simetris pada beban speaker 4 Ohm. Atau 2 kanal 600 Watt setidaknya memerlukan tegangan 82 Volt pada beban 4 Ohm.

Jika menggunakan tegangan supplai 25 hingga 45 Volt sementara jumlah transistor adalah 2 pasang pada setiap kanal maka ada kemungkinan akan mencapai angka 56 Watt hingga  180 Watt pada beban 4 Ohm.

Penampakan seperti berikut ini:

Dari sini kita bisa lihat bahwa PCb ini berisikan 2 pasang transistor SANKEN di setiap kanalnya.

SKEMA TRACING

Berikut ini adalah skema hasil tracing setelah mengobservasi PCB di atas:

 


Saya melihat bahwa menurut skema ini maka rangkaian ini  termasuk amplifier Simetris.

Ini bisa kita lihat dari blok Preamp hingga Final Output.

Dari sini nampak bahwa rangkaian kit Power Amplifier ini termasuk dalam amplifier yang sederhana karena komponen yang terlibat adalah tidak begitu banyak.

GAIN rangkaian power ini termasuk besar jika kita melihat perbandingan nilai resistansi antara R feedback R6 terhadap R7.

Tidak ada fitur Servo Driver maupun Over Current Protection pada PCB ini.

Selamat mencoba

Skema OMBRO lainnya di SINI

Macam macam skema BUILT UP di SINI

OMBRO Indonesia di SINI.

 



Komentar