POWER MOSFET 150 WATT CAP ELLIOT

 MOSFET 150 WATT CAP ELLIOT adalah skema hasil modifikasi dari sebuah skema power amplifier buatan TRACE ELLIOT yang komponennya saya ubah menjadi komponen dengan kearifan lokal negeri kita.

Skema aslinya adalah Power amplifier buatan Trace Eliot era 80-an dengan seri AH150. Artikel asli DI SINI.

Berikut ini adalah skema hasil modifikasinya:

Power MOSFET Modif cap ELLIOT 

Dari skema ini kita bisa lihat bahwa rangkaian power ini adalah berjenis OCL, bertegangan supplai 56 Volt simetris, menggunakan 2 pasang transistor MOSFET bentuk Jengkol nomer 2SK135 2SJ50 yang memiliki kemampuan dissipasi 100 watt (  DATASHEETS ).

Transistor untuk preamp menggunakan nomer 2SA1085

GAIN dari amplifier ini bisa and mainkan dengan mengubah-ubah nilai resistor Feedback R14 antara 20K hingga 100K sesuai dengan hasil modifikasi anda. Semakin besar nilai resistor Feedback semakin besar penguatan Amplifier ini.

Penguat tegangan menggunakan D438 dan TIP31C TIP32C.

Tidak ada driver amplifier. Sinyal dari VAS ini langsung masuk ke MOSFET Final Power Amplfier.

Dengan tegangan 56 Volt simetris maka memungkin sebuah Amplifier akan menghasilkan output hingga 200 Watt ( 8 Ohm ) atau 280 Watt  ( 4 Ohm ).

Jika melihat MOSFET yang terpasang adalah 2 pasang dengan masing- masing dissipasi adalah 100 Watt, maka tidak saya sarankan untuk menggunakan beban 4 Ohm dengan volume maksimal. Beban berat ada pada MOSFET dan menyebabkan kerusakan tidak lama lagi .

Selamat mencoba

Skema OMBRO lainnya di SINI

Macam macam skema BUILT UP di SINI

OMBRO Indonesia di SINI.



Komentar