Featured Post

PETUNJUK PERAKITAN PCB SOCL 506 4TR 600W

TAYANGAN

KLONING POWER MONTARBO 459S V3

Montarbo 459S adalah sebuah produk Mixer dengan Power di dalamnya buatan MONTARBO , produsen audio dari negeri Italy dan terkenal pada era 80-an.

Mixer audio pada era terebut termasuk maju dan MONTARBO telah membuat alat ini untuk para pecinta audio di penjuru dunia.

Namun pada era 80-an merk MONTARBO masih belum begitu terdengar.

SKEMA HASIL GAMBAR ULANG

Saya telah menggambar ulang rangkaian power amplifier saja dari MONTARBO mixer 8 kanal ini.

Saya tertarik untuk mengambil skema Power amplfieirnya saja karena sepertinya menarik dan tidak memerlukan komponen pendukung yang cukup banyak.

Ini berarti peluang untuk kita kloning adalah lumayan besar untuk tingkat keberhasilannya dan lumayan murah untuk biaya perakitannya. 


Dari skema diatas nampak bahwa sepertinya rangkaian Power Amplifier ini tidak begitu sulit.

Akan tetapi pada rangkaian ini telah memiliki fitur Servo Driver.

Pada rangkaian ini menggunakan 2 pasang transistor Final Output yang bertujuan untuk berbagi tugas untuk mengalirkan arus ke arah Loudspeaker.

Dengan menggunakan 2 pasang transistor final maka pada transistor akan ada kemampuan dissipasi daya hingga 300 watt meskipun rangkaian ini tidak mungkin menghasilkan angka watt sebesar itu.

Dengan tegangan supplai 40 Volt simetris. maka Power kloning ini akan menghasilkan daya audio hingga  100 Watt pada beban 8 Ohm dan hingga 145 Watt pada beban 4 Ohm.

KLONING POWER MONTARBO 459S V3

Alasan saya memberi tambahan V3 pada artikel ini adalah pada sisi Power Amplfier menggunakan 2 pasang transistor, sementara pada skema aslinya adalah hanya menggunakan sepasang transistor saja.

Di bawah ini adalah penampakan rancangan layout pada PCB Power hasil kloning dari Power ini.


Memerlukan 2 pasang transistor nomer 2SC5200 / 2SA1943. 

Driver Amplifier tidak menjadi satu dengan Heatsink utama.

Dan ini adalah penampakan PCB Power MONTARBO seri 459S:  


Dan terakhir adalah rancangan saya tentang Power amplifier ini bertujuan untuk berbagi gambar dan ide kepada kawan pengguna elektronika baik online maupun konvensional.




PCB HASIL RANCANGAN SIAP MAINKAN

Berikut ini adalah foto PCB hasil karya saya yang siap untuk praktek pemasangan komponen.

 


MONTRABO V3 versi mono ini saya rasa tidak begitu banyak memerlukan biaya besar. Biaya terbesar di sini adalah mendapatkan 2 pasang Transistor Final Output C5200/A1943. Selanjutnya komponen yang lain adalah komponen yang mudah terjangkau.

SEE ALSO

Artikel tentang MONTABO 459 lainnya DISINI.

Komentar