SOCL 506 TEF 6 TRANSISTOR MJL

 SOCL 506 adalah kit Power Amplifier yang terkenal di NUSANTARA mulai era pertengahan 2010 hingga saat ini.

SOCL sendiri adalah singkatan dari Super Output Capacitor Less, yang artinya adalah Power Amplifier berjenis Super dan tanpa menggunakan kopling Kapasitor pada sisi outputnya.

Kit Power ini memiliki penggemar fanatik di media sosial dan banyak beredar di toko online serta toko elektro di kota anda.

Penggemar kit power ini kebanyakan menyatakan bahwa power jenis ini simple, ringkas dan hasil audio yang lebih baik dari OCL 150 Watt.

Kali ini saya mencoba membuat modifikasi rangkaian SOCL 506 ini menggunakan teknik TEF dan menggunakan 6 pasang transistor mahal MJL serta terletak dalam sebuah pendingin 2U dengan panjang 20cm.

SKEMA SOCL 506 TEF 6TR

Berikut ini adalah skema hasil modifikasi SOCL 506 TEF yang menggunakan 6 pasang transistor Final bernomer MJL21194/MJL21193.

Transistor final output ini memiliki kemampuan dissipasi daya hingga 200 Watt tiap pasang ( DATASHEETS ) yang berarti ini akan mampu menghasilkan total dissipasi hingga 1200 Watt.

Namun tegangan supplai untuk ini harus tinggi untuk mengejar daya keluaran amplifier yang tinggi.

Dengan 6 pasang transistor , maka ini masih possible untuk diberikan supplai hingga 80 Volt simetris.

Perhitungannya adalah supplai 80 Volt akan mampu menghasilkan daya hingga  576 Watt pada beban 4 Ohm atau 800 Watt pada beban 2 Ohm.


Secara perhitungan, dengan menggunakan 6 pasang MJL maka akan masih memungkinkan untuk anda beri supplai tegangan hingga 110Volt.

Namun tegangan 110Volt Dc ini akan segera meledakkan transistor anda jika anda menggunakan transistor lain yang berdaya lebih kecil.

Semisal anda menggunakan transistor jenis 2SC5200/2SA1943 dengan jumlah pasangan yang sama, maka maksimal supplai untuk itu hanyalah 100VDC.

X

DESAIN KIT PCB SOCL 506 TEF 6 TR

Berikut ini adalah rancangan PCB untuk rangkaian SOCL 506 yag menggunakan 6 transistor Final dan memakai prinsip TEF.

X

Selanjutnya penampakan PCB hasil  rancangan akan menjadi seperti gambar di bawah ini:



SEE ALSO

Skema Power Amplifier lainnya LIHAT SINI.

Aneka skema Power OMBRO / DIY ada pada LINK INI.

 




Komentar