POWER OCL 160 WATT 58 VOLT YAMAHA

Sebuah skema Power OCL buatan YAMAHA ini bisa anda jadikan bahan kloningan karena bagi saya rangkaian ini sepertinya mudah dan simpel, serta memerlukan tegangan 58 Volt simetris untuk menghasilkan daya audio hingga 160 Watt. 

Skema ini saya ambilkan dari sebuah servis manual power Amplifier  merk YAMAHA seri A-S700. Ini adalah sebuah Integrated Amplifier yang telah melibatkan unsur Digital untuk sistim kontrolnya dan telah menggunakan remote kontrol untuk mengendalikan Power Ampli ini.

Berikut ini adalah potongan skema dari Power Amplifier YAMAHA A-S700 untuk seksi Audio Power Amplifier setelah pangkas dan edit:

PENJELASAN SKEMA

Dengan memperhatikan potongan skema ini maka kita bisa lihat bahwa rangkaian power ini terdiri dari beberapa blok rangkaian yaitu:

  • Preamplifier differensial,
  • Penguat tegangan,
  • Servo Driver,
  • Driver Amplifier , Final Power Amplifier.

x

Transistor 2SC4467 sebagai Final output ini mampu menghasilkan dissipasi daya hingga 80 Watt  ( DATASHEETS ). Ini berarti jika ada 2 pasang transistor ini akan ada kemungkinan 160 watt.

Sepasang transistor 2SA1694 dengan 2SC4467

Dengan tegangan supplai 58 Volt, maka memungkinkan bagi power amplifier ini untuk menghasilkan output hingga  200 watt pada beban 8 Ohm. Dan ini akan beresiko jika menggunakan beban 4 Ohm.





 

Komentar

  1. Yaa ampuun Keren bang ,,cuman blok gbr nya berubah ,,tdak ada yg ,,, pixel ituu

    BalasHapus

Posting Komentar