OTL 50 WATT AKAI

 OTL 50 WATT juga bisa  anda bikin dengan membuat sebuah amplifier dengan bahan Transistor  Jengkol lawas nomer 2SD371 seperti pada rangkaian radio penerima dengan power amplifier di dalamnya merk AKAI.

Power Amplifier pada radio AKAI ini adlaah seri AM1020 yang menggunakan tegangan supplai 62 Volt dan tegangan tengah 31 Volt.

Berikut ini adalah potongan dan editan skema Power Amplifier berenis Output Transformer Less ( OTL ).

Seksi Power pada AKAI 1020

 Rangkaian di atas  menggunakan 6 transistor , 2 di antaranya adalah transistor power dengan nomer 2SD371 yang memiliki kemampuan dissipasi daya hingga 50 Watt ( DATASHEETS ).

Jika kita mengikuti skema di atas maka amplifier ini mampu menghasilkan daya keluaran audio hingga  50 Watt pada beban 8 Ohm dengan supplai tunggal 61,8 Ohm. 

Akan tetapi jika anda menggunakan beban speaker 4 Ohm maka ini akan beresiko karena transistor seperti dipaksa untuk menghasilkan audio hingga  86 Watt dan ini sangat beresiko bagi transistor  final output.

Jika anda ingin bermain aman dengan beban 4 Ohm namun transistor anda tetap menggunakan seri ini  ( 2SD371 ) maka saya sarankan gunakanlah tegangan supplai  24 Volt simetris saja.

200 SKEMA POWER AUDIO


 

Komentar