OCL 200W 46V ROTEL

Membuat sebuah amplifier 200W dengan supplai 46V sebenarnya bisa anda lakukan seperti hanya skema power OCL amplifier  buatan ROTEL ini.

Dengan modal 46 Volt maka beban yang harus terpasang adalah sekitar 4 Ohm. Namun jika anda bermain pada beban 8 Ohm, tegangan supplai ragkaian power ini bisa anda naikkan menjadi 56Volt simetris.

Akan tetapi bila anda bermain pada beban 4 Ohm menggunakan tegangan supplai 56Volt simetris, maka ada kemungkinan transistor anda akan mengalami over heating karena harus mengalirkan arus besar pada tegangan supplai 56Volt.

Pada brosurnya, ampli ini mengatakan bahwa ia menghasilkan output hingga 70 Watt pada beban 8 Ohm. Pada Amplifier ROTEL seri RA06 SE ini mengatakan bahwa tegang supplai mereka adalah 46 Volt.

POWER AMPLIFIER SIMETRIS

Untuk mengunduh skema rangkaian power ini silahkan AMBIL DI SINI. Membaca BROSUR DISINI.

Perhatikan skema rangkaian ini:

Seksi Power OCL pada ROTEL RA 06SE OCL 200W 46V

Dari skema di atas nampak bahwa rangkaian ini terdiri dari beberapa blok antara lain adalah:

  • Preamp Differensial,
  • Penguat tegangan
  • Servo Driver
  • Driver Amplifier
  • Final Power Amplifier.

Preamplifier rangkaian ini ( Q1, Q7, Q9, Q11 ) menggunakan transistor stabilliser arus bias ( Q605 dan Q611 ).

Yang menarik di sini adalah adanya blok rangkaian bias bersama untuk mengendalikan 4 transistor yang tegangannya terjaga oleh resistor stabilliser tegangan bias R621.

GAIN rangkaian ini adalah sekitar  21 x , dengan memperhatikan nilai resistor Feedback R635 ( 12K ) dan Resistor input R613 ( 560 ). 

Ini berarti jika mengharapkan output maksimum adalah 46Volt peak pada terminal  speaker, maka memerlukan masukan sebesar 2,2 Volt peak.


KOLEKSI SKEMA AUDIO MURAH


 

Komentar