SKEMA TONE KONTROL MIXER MACKIE SR24-4

Mackie SR24-4 adalah Mixer audio keluaran Mackie pada era 95-an. Pada saat itu mixer ini termasuk mixer handal untuk project panggung, pertunjukan dan acara lainnya.

Pada saat Mixer ini meluncur, saya masih belajar elektro dan saya menganggap Mixer ini adalah mixer mewah.

Pada saat itu, saya masih bermain mixer ombro tanpa fitur monitor, effek, SUB, AUX dan fitur lainnya.  

TENTANG MIXER INI

Foto Mixer audio ini saya carikan di internet dan saya mendapat foto terbaik dari AMAZON.

Penampakan seperti ini:

FOTO MILIK AMAZON_COM


Selanjutnya pangkasan tone kontrol nya seperti berikut ini:



EQ menggunakan 4 potensio pengatur, yakni HI ( 12K ), MID GAIN ( -15 ke +15 ), MID FREQ ( 100 - 1kHz ), dan LOW ( 80 Hz).

Tombol LOW CUT disediakan pula. Secara skema rangkaian LOW CUT ini sebelum EQ MIXER ini.

SKEMA TONE KONTROL

Tone Kontrol ini menggunakan penguatan 2 tingkat. 
Tingkat pertama adalah U105B ( NJM4560 ) dan tingkat kedua adalah U104A ( NJM4560 ).

Setelah diperkuat oleh U104A, maka masuk ke Pot geser GAIN ( FADER ) untuk diperkuat oleh OPAMP U103A.
Power supplai menggunakan simetris ±16VDC.

Outputan dari Tone Kontrol ini selanjutnya berkumpul ke rangkaian master, SUB 1 hingga SUB4, L-R BUS.

Untuk seri ini, output AUX1 sampai AUX6 juga terhubung dengan rangkaian ini akan tetapi harus melewati sebuah OPAMP lagi.  

Hasil pangkasan skema Tone kontrol menjadi seperti berikut ini:

KLIK GAMBAR UNTUK LEBIH JELAS

SKEMA TONE KONTROL MACKIE SR24-4

PENJELASAN SKEMA

Sinyal input ini melewati sebuah saklar MUTE. Jika mute diaktifkan, maka rangkaian tone kontrol ini akan terhubung ke Ground.

Selanjutnya sinyal audio ini masuk ke rangkaian pengatur nada middle mulai dari potensio R171 ( B10K ) hingga masuk ke pin negatip U105A.

Potensio R171 bertugas untuk GAIN dan potensio R173A ( stereo ) bertugas untuk  memilih range frekwensi middlenya antara 100 hingga 1kHz.

Sinyal bass dan treble masuk ke OPAMP U105B ( NJM4560 ) via R179 ( 10K ). 

Setelah sinyal middle ditonjolkan oleh OPAMP U105B, maka masuk ke rangkaian baxandall yang berisikan pengolah frek Treble dan Bass.

Komponen Treble adalah C126, C127 ( 6n8), Potensio R169 ( B50K )  dan R170 ( 3k9).

Komponen Bass adalah R167, R176 ( 5K6 ), Potensio R168 ( B50K ), C124, C124 ( 33nF ), R177 ( 10K ).

R178 bertugas untuk R feedback menaikkan gain dari penguatan sinyal.
C128 bertugas untuk meredam frekwensi tinggi diatas 20kHz.

Hasil penguatan OPAMP ini masuk ke potensio Geser R161 ( D10K ) melalui kapasitor kopling AC C139 ( 47uF ).

Level sinyal yang diatur oleh potensio ini selanjutnya diperkuat kembali oleh OPAMP U103A.

Output dari OPAMP ini selanjutnya masuk ke potensio PANPOT dan saklar penghubung ke SUB dan AUX.

Komentar