MIC PREAMP 7 POT

Pre amp untuk mixer home brow  (Jawa: OMBRO ) ini terkenal di kalangan hobbyist elektronika terutama tukang bikin mixer audio. Dikatakan 7 potensio karena dalam satu modul PCB ini berisikan  VR untuk Level, Treble, Middle, Bass, Effect/Echo, Monitor, dan Panpot/balance. Hampir mirip dengan mixer mixer jadul tapi merk ternama seperti Peavey Unity misalnya.

Prinsip dasar dari preamp mic 7 potensio ini adalah:
1.Penguat microphone dengan impedansi input  rendah
2.Potensio pengatur level dari IC penguat mic
3.Penguat sinyal untuk diumpankan ke jaringan tone kontrol
4.Jaringan tone kontrol type baxandall dengan 3 potensio
5.Rangkaian balancing mono ke stereo
6.Potensio penyedia sinyal untuk dikirim ke rangkaian echo /effect dan monitor

Pada dasarnya rangkain ini nilai nilainya tidak mutlak yang disebutkan pada gambar, hanya saja kita bisa melakukan customisasi ( jawa: di oboh ) nilai komponennya.
berikut ini adalah gambar dasar dari rangkaian tersebut dan penjelasannya:

1.PENGUAT MICROPHONE

Dikatakan penguat Microphone karena IC ini  dirancang hanya untuk amplifier sinyal sinyal lemah saja seperti microphone. 

Rangkaian dibawah ini  value dari komponen komponen ini sengaja saya beri tanda titik titik adalah kemampuan rangkaian untuk diberi komponen dengan nilai diantara angka minimal dan maksimal. 

Semisal C1 disebutkan di situ antara 1uF hingga 10uF. Semakin besar kapasitas dari C1, maka jangkauan nada akan semakin lebar, akan tetapi bila audio cenderung mengeluarkan sinyal lebih  kuat, maka perkecil kan kapasitas C1 biar tidak terjadi distorsi / over sinyal. 

Mengingat faktor penguatan adalah 22+1 hingga 33+1 kali. Bila ingin didapatkan distorsi untuk percobaan effek gitar misalnya, R3 dirubah diatas 220K dan R2 harus 1K. 

Jika menginginkan kepekaan microphone yang lebih baik, maka R1 bisa di naikkan hingga ke angka 4K7, akan tetapi kabel microphone anda harus bagus. contoh merk kabel standart yang bagus antara lain adalah kabel microphone merk CANARE dan MAKITA. 

Grounding shield nya banyak. akan tetapai anda bisa menggantinya dengan merk lain asalkan tidak menghasilkan bengung ( untuk melakukan test kabel, ketika microphone dicopot dari kabelnya harus tidak ada suara apapun di speaker anda).



 Untuk IC bisa anda ganti dengan IC yang lebih mahal dan lebih hebat semisal diganti dengan 1/2 JRC4560 ( IC ini berisi 2 Opamp dan tentu saja skema nomer pin ICnya juga berbeda), atau NE5534( pin sama dengan pin pada IC LM741), atau IC TL071(pin sama dengan LM 741 akan tetapi lebih Low noise ).


Pada kasus tertentu rangkaian ini bisa dimodif seperti berikut ini:


GAIN BISA DIUBAH DENGAN VR1

VR1 biasa disebut dengan Gain, layaknya Gain pada mixer Build Up atau buatan pabrik resmi. Kelebihan digunakan VR adalah penguatan sinyal bisa di atur. 

Kelemahannya adalah VR1 hanya Resistor dan R2 tidak ada komponen pendukung lain untuk kepentingan arus AC ( sinyal microphone adalah sinyal AC tapi dengan tegangan sangat kecil (sekitar 10mV hingga 100mV )..

Jika anda menggunakan Variabel resistor ini, maka usahakan Bodynya yang terbuat dari besi ini dihubungkan ke Ground atau ke 0Volt rangkaian anda untuk mencegah dengung maupun nge-Ground.


2. TONE CONTROL
Tone control pada rangkaian

LINK LAINNYA:

PREAMP,  MIXERTONE CONTROL EQUALIZERAMPLIFIER GITARPINTEREST YOHAN

KUMPULAN MIXER AMPLI BUILT UPSKEMA PAK YOHAN, 

Komentar