OCL 120 WATT JBL GTS300

Amplifier mobil merk JBL dengan nomer seri GTS300 ini termasuk amp[ifier mobil bagus pada jamannya. Menurut web review ampli mobil menyatakan jika power ini mampu mengeluarkan daya hingga 317Watt rms pada beban spiker 4 Ohm.

Penampakan ampli adalah seperti LINK INI

Sementara penampakan isi dalam ampli adalah seperti LINK INI.

Transistor Final dari Ampli ini adalah type TIP35C DAN TIP36C, yang menurut datasheetnya mampu mengeluarkan daya hingga 125Watt, maksimum arus kolektor 10Ampere. Pada rangkaian ini memakai 2 pasang transistor Final yang berarti daya maksimum transistor ini hingga 250Watt, meskipun daya per channelnya hingga 120Watt RMS.

SKEMA 

Berikut ini adalah skema edit dari JBL GTS300 ini:



JBL GTS300 Power Section

Dari skema power amplifier ini maka kita bisa melihat rangkaian ini terdiri dari beberapa blok. Blok tersebut antara lain adalah:

  • Penguat non inverting yang bertugas sebagai Bass Booster, 
  • Preamp, 
  • Penguat tegangan, 
  • Servo driver, 
  • Driver Amplifier,  
  • Final power amplifier.


Pada blok non inverting, ia menggunakan rangkaian feedback kapasitor C29 dan R35 sebagai low pass filter,  untuk meloloskan sinyal BASS saja. Akan tetapi jika kita tidak menggunakan fitur Bass Booster ini maka kita cukup mengaktifkan saklar SW4 untuk memby pass antara input dan output, sehingga OPAMP ini bertugas sebagai penguat arus dan penurun impedansi saja.

Apabila kita membuat rangkaian kit kloning untuk rangkaian ini, transistor Q2 dapat kita hilangkan karena ia berfungsi sebagai muting atau pembungkam rangkaian audio.

Feedback rangkaian untuk IC6 adalah resistor R59( 18K) dibagi R60 ( 1K ) sehingga faktor GAIN adalah 18 kali.

Output dari OPAMP IC 6 selanjutnya masuk ke rangkaian pemisah fasa yang menggunakan transistor Q6 dan Q7.

Selanjutnya output dari dua transistor ini akan masuk ke penguat tegangan Q8 dan Q9. Di antara dua kolektor transistor Q8 dan Q9 ini ada sebuah transistor Q10 yang bertugas sebagai servo driver,  ia bertugas untuk mengatur arus IDLE dari transistor final amplifier.

Driver Amplifier oleh transistor  Q11 dan Q12, serta Final Power Amplifier adalah Q13, Q14, Q15, dan Q16.

PENJELASAN

Rangkaian alat ini menggunakan Kelas A, supplai utama 35Volt simetris, dengan tambahan IC OPAMP  LM318 dibagian awal. IC ini sendiri adalah jenis IC dengan slew rate tinggi ( 50V/nS ) sehingga mampu memproduksi suara subsonic sekalipun.

Subwoofer sendiri sebenarnya dihasilkan dari rangkaian Low Pass Filter (LPF ) seperti gambar hasil editan dibawah ini ;

subwoofer pass frequncy JBL GTS300

Menurut saya jika mau menembak rangkain ini tidak begitu rumit seperti skema yang lainnya.


LINK LAINNYA:

PREAMP,  MIXERTONE CONTROL EQUALIZERAMPLIFIER PINTEREST YOHAN

KUMPULAN MIXER AMPLI BUILT UPSKEMA PAK YOHAN,

Komentar