OCL150W USING 12VDC NON CT

Pada suatu hari ada pesanan ingin dibuatkan ampli mini dengan budget murah. Saat itu modal beli ampli kitkitan jadi sedang tidak ada. Yang dipunyai cuma PCB OCL kosong dan kit OCL 150W yang tidak terpakai.

   Akhirnya dengan menggunakan teknik Mc Gyver, saya teliti skema dari OCl ini dengan prinsip kalau komponen yang terlibat pada supplai 35V adalah segitu, berarti kalau pakai tegangan 12V pasti sekitar 1/3 nya. akhirnya saya coba bermain main dengan resistor pendukungnya.

   Memang tidak selalu sama dengan perhitungan teori, tetapi menyerempet  tipis tipis dengan aktual dilapangan hingga saya hadirkan skema OCL 150W rasa 12VDC seperti gambar dibawah ini:
klik kalau ingin memperbesar gambar
OCL using 12VDC
 Dan ini saya sertakan skema power supplainya. Pada gambar dibawah ini ada 2 skema, yakni jika anda menggunakan travo CT dan travo non CT. 

Dari hasil percobaan, yang paling bagus menghasilkan suara adalah travo CT. Dugaan saya karena ia menyearahkan gelombang penuh listrik dari PLN, sedangkan pada travo yang Non CT ia hanya menyearahkan setengah gelombang saja, sehingga akan ketahuan tidak bagus pada saat mengelola frekwensi rendah dan kontinyu. 

Coba saja deh.

power supplai OCL 12VDC

Power ini memiliki kelemahan pada frekwensi bass halus ( nada nada 50Hz kebawah), terdengar suara semacam ketinggalan. Dugaan saya ini karena pengisian ELCO Power supplai kalah cepat dengan kosumsi arus pada POWER nya sehingga tegangan menjadi tekor.

Akan tetapi pada frekwensi bass kasar ( antara 100 s/d 330Hz ), Ampli ini masih bisa mengeluarkan audio dengan baik.

Oya pada saat ampli ini diterapkan, tegangan tertinggi yang masih bisa menghasilkan bass bagus adalah pada kisaran 4VAC ( menggunakan AVO SANWA analog ) dengan nada testing sekitar 100Hz ( saya pakai sebuah nada kontinyu 100Hz 0dB selama 1 menit dan saya simpan di flash disk lalu saya setel di player DVD maupun modul protolan MP3 player yang 50 rb itu.... ). diatas 4 Volt suara bass sudah bergeser / distorsi.

Penerapan AMpli ini cocok bagi teknisi yang masih miskin dalam pembiayaan dan teknisi yang suka usil meneliti yang aneh aneh.

Selamat mencoba

Komentar