MEMBUAT BTL OCL 150W DENGAN 1 RESISTOR

Sebetulnya ide ini sudah ada sejak jaman dahulu kala. Akan tetapi saya baru bisa membuktikan rumus 1 resistor untuk mem BTL 2 buah OCL 150W stereo menjadi BTL 150W mono pada pertengahan 2006 lalu, atau 10 tahun lalu.

Hasil dari ampli BTL ini lumayan bagus. Suara bass nya makin kuat, akan tetapi panas yang terjadi pada pendingin lumayan hangat tidak seperti biasanya.

Sebetulnya ada juga modul murah yang namanya BTL driver yang dijul di toko elektro disekitar anda dengan harga antara USD 0,4 sampai USD 0,7 pada saat ini harganya antara Rp.5,0 rb sampai Rp. 8,0 rb.

Akan tetapi dengan modal sebuah resistor saja anda sudah bisa bikin ampli BTL. Walaupun keamanan ( keawetan ) rangkaian masih belum bisa dijamin. Akan tetapi pada beberapa pasien saya pernah saya buatkan model seperti ini masih bertahan hingga 5 tahun . Mungkin karena dipakai untuk amplifier kumpulan tahlil RT, yang tidak begitu butuh nada bass besar dan kontinyu.


kalau gambarnya kecil di klik saja

Langkah langkah pembuatan.

1. Siapkan Kit Power OCL 150W stereo anda.
2. Pada sisi Power L, inputan anda hubungkan ke ground dengan menggunakan kabel pendek atau gunakan potongan kaki komponen.
3. Pada sisi Output R hubungkan ke sebuah R yang nilainya antara 10K hingga 33K pada salah satu kaki . dan satu kakinya lagi hubungkan ke basis  dari transistor common emitor pada ampli L ( lihat gambar ).
4. Kabel spiker ( +) hubungkan ke  Output ampli R (+) dan kabel spiker (-) ke Output ampli L (+ juga ).
5. Selesai.

Catatan:
1. Ampli model ini boros arus listrik. Jika travo anda arusnya cukup kecil, maka kadang suara bassnya ada nggembret dan distorsi.
2. Pastikan tegangan DC pada 2 ujung terminal sepiker harus 0Volt DC. Jika ketika nada bass sedang lewat di spiker anda, maka usahakan tegangan DC nya sekecil mungkin untu hasil yang maksimal. Jika masih ada tegangan DC yang lebih dari 1 Volt, maka amplifier anda masih belum identik betul. Hentikan percobaan ini.

Selamat mencoba

ARTIKEL LAINNYA


Komentar