EUNEX POWER STATION 6, Mixer dan Power simple

EUNEX adalah merk audio dari Guan Dong, China daratan. Berdiri sejak 1983, dan masuk pasaran di Indonesia sekitar 90an. Design Mixer Power ini sederhana, dan pas untuk dijadikan asesoris ampli di rumahan, kantor maupun ELECTONE ( organ tunggal ). Sebelumnya EUNEX dikenal sebagai merk Spiker.

EUNEX POWER STATION6
Berikut ini adalah pecahan gambar hasil editan saya untuk dipelajari dan diteliti oleh hobbyist maupun anda pecinta ombro.

1.  MIC& LINE PRE AMP

Seksi Preamp pada EUNEX PS6


 Mic preamp ini menggunakan prinsip balance input ( menggunakan inputan XLR atau jack canon ), menggunakan IC OPAMP type BA4560 ( bisa diganti dengan LM4560 atau JRC 4560 ), 
RS1 adalah potensio GAIN untuk mengatur level dari sinyal input supaya tidak terjadi distorsi / pecah. 
Potensio HI adalah filter untuk frekwensi treble dan LO untuk frekwensi rendah.  
Output channel dilarikan ke rangkaian master dan effek out dilarikan ke master effek ntuk diolah diluar mixer.


2. MASTER CHANNEL

Master channel


Master Channel ada rangkaian rone kontrolnya. Menggunakan prinsip baxandall dengan 3 filter frekwensi untuk LO ( 30Hz, boost/cut 15dB), MID ( 1kHz, boost/cut 15dB ) dan HI ( 15kHz, boost cut 15dB).

OPAMP yang dipakai adalah IC type BA4560.


3.MASTER EFFEK

Seksi Master effek pada EUNEX PS6

Master Effek ini tidak memiliki fasilitas tone kontrol, hanya ia memperkuat sinyal dari masing masing channel untuk di buang keluar untuk kepentingan pengolahan effek suara, seperti echo, reverb, dan lainnya.

4. POWER AMPLIFIER 200W

Power Amplifier menggunakan transistor final type 2SD1047 sebanyak 2 pasang setiap channel .Power amplifier ini sebetulnya stereo tapi saya gambar 1 buah saja. 

 

2SD1047

Transistor ini  menurut datasheetnya adalah 100W, 140V, 12A. Karena paralel 2 buah, berarti maksimum output adalah 200Watt pada beban 4 Ohm.

 
Seksi Power pada EUNEX PS6

Power ini menggunakan prinsip amplifikasi kelas A, yang berarti menghasilkan suara lebih bagus dari kelas yang lain. Power Supply menggunakan 46VDC simetris dan 56 V simetris. Akan tetapi masih bisa anda buat jadikan satu supply saja, hanya saja tidak akan bisa menghasilkan outputan maksimal.

5.POWER SUPPLY


Power Supply menggunakan travo 5A 34VDC untuk Power Output dan 38VDC 0,5A untuk driver power.
Jika anda membuat tiruannya, masih memungkinkan jika anda bikin travo 5A dengan Tap 32V CT. Elco yang dipakai minimal 10.000uF/63V 



Power Supply untuk EUNEX P.S 6
Selamat mencoba.

Komentar