CATEGORY

Friday, December 23, 2016

EFFEK GITAR MORLEY DIAMOND DISTORTION BOX


AMPLI         CATUR      PLC     TV/AV    ELEKTRO    GITAR
INSTRUMENTASI  KOMPUTER    MUSIK   SOFTWARE


Effek Gitar buatan MORLEY, USA ini menurut sumbernya dibuat sekitar pertengahan 90an .Rupanya memiliki skema sederhana dan kemungkinan mudah ditembak oleh hobbyist elektronika atau yang suka dengan musik gitar.

Gambar asli dari Effek ini adalah seperti ini:


MORLEY DDB
Sedangkan skema dalamnya adalah seperti berikut ini:
Skema dari pabriknya
Penjelasannya adalah seperti berikut:

Sinyal dari gitar, masuk ke pin 3 IC 1A via C1 dan r1. C1 dibikin 10nF biar meloloskan suara middle high ( senar gitar 1 sampai 3 ). IC 1A hanyalah menurunkan impedansi input dari input sangat tinggi ke input yang leih rendah pada outputan pin 1. Selanjutnya R3 dan C3 adalah deretan komponen RC untuk meloloskan sinyal middle low untuk diperkuat sinyalnya oleh IC 1B. Gain ditentukan oleh R4 ( 470K) dan dapat diadjust oleh Potensio P1 sebagai Drive ( menyetel effek distorsi ). Effek distorsi dibikin oleh D2 dan D1.

Sinyal yang sudah rusak ini diperkuat oleh IC 1D dengan gain sekitar 17 ( R8/R7), dan menggunakan equalizer feedback oleh C7, R9 dan C8. Hasil amplifikasi ini dikopel oleh C9 untuk diambil sinyal AC nya saja, untuk diatur lagi levelnya oleh Pot3.

Setelah itu masuk ke jaringan tone kontrol Pot2. Jika potensio ke kanan maka cenderung bernada tinggi karena dilewatkan oleh C10, R11 dan jika ke kiri maka akan cenderung bernada rendah karena sinyal lewat R13 dan C11. Jika potensio diputar pada jam 12 atau ditengah tengah, maka akan cenderung bernada rendah dan tinggi. Selanjutnya masuk ke IC 1C untuk diturunkan impedansinya.

Komponen dari rangkaian ini ada di toko elektro sekitar kita. IC yang dipakai adalah TL074. Diganti dengan TL084 maupun LM324 juga tidak ada masalah, hanya saja noise yang dihasilkan akan lebih besar. 

ARTIKEL LAINNYA:

AMPLI         CATUR      PLC     TV/AV    ELEKTRO    GITAR
INSTRUMENTASI  KOMPUTER    MUSIK   SOFTWARE

No comments:

Post a Comment