CATEGORY

Monday, January 12, 2015

OCL 150W LEGENDARIS


AMPLI         CATUR      PLC     TV/AV    ELEKTRO    GITAR
INSTRUMENTASI  KOMPUTER    MUSIK   SOFTWARE

OCL 150WATT
Hampir semua orang yang mengerti elektronika pasti kenal dengan Audio power Amplifier jenis OCL 150W. Ampli ini sudah ada sejak 1990 an dan hingga sekarang masih dijual bebas dan laris di toko toko elektro.
 klik untuk memperbesar gambar
Sebetulnya ada beberapa skema pabrikan yang hampir mirip dengan rangkaian ampli ini. Ataukah kreator pertamanya meniru skema pabrikan ini?

WATT ASLI DARI SKEMA OCL INI
Jika kita ukur secara matematis, power ini tidak bisa menghasilkan power sebesar 150W betul. Entah kenapa ampli ini dikenal dengan OCL 150W. Lha wong Transistor powernya saja memakai TIP3055 dan TIP2955 yang berdissipasi DC maksimum 100W. Kalau ampli OCL nya sudah betul, yakni memang outputannya tidak menggunakan kapasitor kopling.

Secara matematis, dengan supplai 35Volt simetris, dan beban 4 Ohm saja dengan effektifitas power anggap saja sebesar 55% standart kelas AB, maka ampli ini menghasilkan power sekitar :



 ( VCC x Effektifitas )²  / Impedansi =
( 35x 0,55 )² / 4Ω= 92W.
 Watt sebesar ini pun nada bass nya sudah ngge bret atau distorsi. suara bass masih bagus pada kisaran peak 15VAC dengan travo yang bagus dan Elco filter besar. Jika ada drop tegangan supplai, maka suara yang dihasilkan ya jelek.

Jika beban power ini anggap saja 1 buah spiker 8 Ohm, maka daya keluarnya ya cuma 46W saja.

Kemudian ada pertanyaan bagaimana jika Ampli ini bisa mengeluarkan audio sebesar 150 Watt? jawabnya adalah sebagai berikut:

1. Bisa mengeluarkan watt audio sebesar 150 jika transistor powernya di paralel menjadi 2 pasang lebih. Bagi bagi dissipasi panas.
2. Bisa mengeluarkan watt 150 jika pendinginnya diperlebar dan dipertebal.
3. Bisa mengeluarkan watt 150 jika spiker yang 8 Ohm diparalel 3 buah. Jadi  impedansi total adalah sekitar 8/3 Ohm = 2,6 Ohm. Tapi ini tidak disarankan. Membahayakan Spiker anda dan ampli anda.

BEBERAPA KELEMAHAN AMPLI OCL 150W
Kelemahan dari ampli ini diantaranya adalah jika power dinyalakan pertama kali selalu ada bunyi "DUG" yang mengganggu spiker dan telinga. Dan lagi jika output dari ampli ini anda konsletkan selama 1 detik saja, maka transistor power anda akan cepat short.
ARTIKEL LAINNYA:

AMPLI         CATUR      PLC     TV/AV    ELEKTRO    GITAR
INSTRUMENTASI  KOMPUTER    MUSIK   SOFTWARE

No comments:

Post a Comment