OCL 150W LEGENDARIS

Postingan ini tentang catatan perihal ampli ombro di negeri kita berjudul OCL 150 WATT yang konon banyak terpakai di negeri ini.

ISI ARTIKEL: 

  1. OCL 150WATT
  2. OCL150W INI MENIRU SIAPA
  3. WATT ASLI DARI SKEMA OCL INI
  4. BEBERAPA KELEMAHAN AMPLI OCL 150W


OCL 150WATT

Hampir semua orang yang mengerti elektronika pasti kenal dengan Audio power Amplifier jenis OCL 150W. Terlebih lagi seorang hobbyist elektro level pemula juga harus kenal dengan modul ini. Jika ada sensus kepemilikan ampli, maka bisa dipastikan bahwa modul OCL 150Watt ini adalah modul yang paling banyak dipakai di negeri ini.

Ampli ini sudah ada sejak 1990 an dan hingga sekarang masih dijual bebas dan laris di toko toko elektro. Hingga artikel ini ditulis, kit ampli ini masih ada dan masih laris untuk dibeli. Walaupun saat ini telah hadir Kit modul Power Amplifier yang bermacam- macam seperti Ampli 200W, 400W, 600W, dan judul modul sangar yang lainnya, modul OCL 150Watt ini tetap mendapatkan pasaran tersendiri.

Dibawah ini adalah skema OCL 150Watt 
 
 klik untuk memperbesar gambar
SKEMA OCL 15OW 

OCL150W INI MENIRU SIAPA

Sebetulnya ada beberapa skema pabrikan yang hampir mirip dengan rangkaian ampli ini. Maksudnya adalah ada beberapa ampli merk tertentu yang pada prinsipnya power amplifiernya ber skema mirip dengan OCL 150W ini.

Akhirnya saya menjadi bertanya -tanya, skema yang beredar ini mengikuti skema power Amplifier pabrikan yang mana ya?  Atau apakah kreator / pencipta  kit amplifier pertamanya meniru skema pabrikan tersebut? Sampai saat ini masih belum menemukan jawaban.

Diforum penggemar OCl pun berseliweran keterangan bahwa OCL 150W ini berasal dari skema Sansui, ada juga yang mengatakan dengan YAMAHA, ada yang bersikeras mengatakan skema ini berasal dari Ampli Amerika, dan lain sebagainya yang jelas tidak terbukti.

WATT ASLI DARI SKEMA OCL INI

Jika kita ukur secara matematis, power ini tidak bisa menghasilkan power sebesar 150W betul. Entah kenapa ampli ini dikenal dengan OCL 150W. 
 
Lha wong Transistor powernya saja memakai TIP3055 dan TIP2955 yang berdissipasi DC maksimum 100W. Kalau ampli OCL nya sudah betul, yakni memang outputannya tidak menggunakan kapasitor kopling.

Secara matematis, dengan supplai 35Volt simetris, dan beban 4 Ohm saja dengan effektifitas power anggap saja sebesar 55% standart kelas AB, maka ampli ini menghasilkan power sekitar :


 ( VCC x Effisiensi )²  / Impedansi =
( 35x 0,6 )² / 4Ω= 110W.
 
 
Watt sebesar ini pun nada bass nya sudah ngge-bret atau distorsi. Suara bass masih bagus pada kisaran peak 15VAC dengan travo yang bagus dan Elco filter besar. Jika ada drop tegangan supplai, maka suara yang dihasilkan akan jelek.

Jika beban power ini anggap saja 1 buah spiker 8 Ohm, maka daya keluarnya ya cuma 46W saja.

Kemudian ada pertanyaan: Bagaimanakah  / upaya apakah yang dilakukan supaya Ampli ini bisa mengeluarkan audio sebesar 150 Watt? Jawabnya adalah sebagai berikut:
  1. Bisa mengeluarkan watt audio sebesar 150 jika transistor powernya di paralel menjadi 2 pasang lebih. Bagi bagi dissipasi panas.
  2. Bisa mengeluarkan watt 150 jika pendinginnya diperlebar dan dipertebal.
  3. Bisa mengeluarkan watt 150 jika spiker yang 8 Ohm diparalel 3 buah. Jadi  impedansi total adalah sekitar 8/3 Ohm = 2,6 Ohm. Tapi ini tidak disarankan. Membahayakan Spiker anda dan ampli anda.

BEBERAPA KEKURANGAN AMPLI OCL 150W

Kekurangan dari ampli ini diantaranya adalah jika power dinyalakan pertama kali selalu ada bunyi "DUG" yang mengganggu spiker dan telinga. Akan tetapi bunyi ini masih bisa diakali dengan berbagai cara. Untuk tekniknya bisa mencari informasi di internet maupun grup pecinta OCL di medsos.

Kemudian ampli jenis OCL 150W ini tidak bisa meng-amplify sumber input dengan tingkat Fidelitas tinggi. Atau istilah orang audio adalah ampli ini kurang HIFI. OCL 150w ini terkenal dengan hasil output audio lebih "cerawak" ( over middle ). Untuk keperluan subwoofer, power OCL ini tidak disarankan.

Dan lagi jika output dari ampli ini anda konsletkan selama 1 detik saja, maka transistor power anda akan cepat short dan jika mutu transistornya jelek, maka akan segera wassalam.
 

Komentar

  1. mohon maaf mau tanya pak, itu c3 nya apakah tidak terbalik polaritasnya?

    BalasHapus

Posting Komentar