SPEAKER AKTIF DI MODIF JADI POWER MOBIL

Melakukan modifikasi Speaker Aktif toko untuk menjadi Power Mobil adalah masih bisa kita lakukan.

Langkahyang dilakukan adalah antara lain adalah mengubag asal muasal power supplai dari PLN menjadi berasal dari Baterai akatu AKKI yang biasa terpakai dalam sebuah mobil.

CARA MEMODIFIKASI AMPLI

Inverter yang dijual di pasaran bermacam-macam tegangan output. Mulai simetris 18VDC, 24V, 32V, 35V, 42V, 45V. Bahkan hobbyist Indonesia malah senang membikin custom inverter seperti menjadi 55Volt, 65Volt, bahkan 80V tergantung permintaan dari Modul Power Amplifiernya.

Berikut ini urut -urutan cara memodifikasi Power tersebut.

MENCOPOT RANGKAIAN TRAVO LISTRIK.

Copotlah travo 220VAC pada power tersebut. Sebelu, mencatat, pastikan kabel kabel telah tergambar dan kita tahu betul urutan - urutan skemanya.

Catatan: Ini hanya berlaku untuk Power Amplifier dengan tegangan tunggal seperti symetrical 35VAC.

Skema sebelum rangkaian ampli dimodifikasi

SIAPKAN MODUL INVERTER YANG AKAN DIPASANG

Selanjutnya kita siapkan modul inverter yang akan dipasangkan di dalam rangkaian ampli lawas ini.
Kita harus memastikan betul tegangan Output dari Inverter ini, arus keluaran maximum dari inverter ini dan terminal - terminal penting yang akan terhubung dengan modul power amplifiernya.

GANTILAH TRAVO ANDA TADI DENGAN MODUL RANGKAIAN INVERTER INI

Gantilah Travo anda dengan Inverter 12 VDC TO 32 VDC Symetris ( +32VDC, dan -32VDC ).Sedangkan  titik pemasangan ujung kabel adalah paralel dengan Elco Power anda.

Jika dalam Power anda ada rangkaian tambahan ( semisal : Galaxi active loudness, atau yang lain yang menggunakan supplai 12, 9, atau 24Volt, maka gunakanlah IC regulator untuk itu. Lihat beberapa contoh dibawah ini


Mengakali rangkaian power supplai dari 2 travo menjadi 1 inverter 12 to 32.

PASTIKAN WIRING TELAH TERPASANG DENGAN BENAR

Pastikan wiring anda telah terkoneksi dengan benar. Apabila ada kesalahan sedikit saja , maka dapat berakibat fatal, seperti Power Amplifier anda terbakar, Inverter anda rusak bahkan bisa berakibat cedera.

KESIMPULAN

Pada prinsipnya, membuat amplifier OCL150W untuk dijadikan OCL dimobil adalah hanya merubah asal setrumnya, yang semula menggunakan travo jala-jala dari 220VAC diganti menjadi sebuah perubah tegangan AKKI mobil ke tegangan simetris yang diinginkan.

Inverter ini mudah didapat ditoko listrik dan ditoko elektro disekitaran kita denganharga bersaing dan terjangkau.

Rangkaian ini sudah saya praktekkan di berbagai pasien saya yang memiliki mobil dengan usia cukup lawas semisal HONDA CIVIC 80an, TOYOTA COROLLA 80an, dan HIJET 1000 dengan hasil sesuai dengan selera konsumen. Penulis belum pernah melakukan modifikasi seperti ini pada mobil mobil tergolong baru.


Komentar