CATEGORY

Wednesday, December 17, 2014

SPEAKER AKTIF DI MODIFJADI POWER MOBIL

 AMPLI         CATUR      PLC     TV/AV    ELEKTRO    GITAR
INSTRUMENTASI  KOMPUTER    MUSIK   SOFTWARE

Pada suatu hari seorang kawan bertanya kepada penulis: bisakah ampli OCL 150W yang bergeletak di gudang dimanfaatkan untuk mobil saya?
"Bisa Om"
"Lho, lha travo nya harus gimana? kan di mobil kan cuma ada AKI 12VDC" tanya Om fulan.
"Pakai inverter saja"
"Inverter apaan?"
"Ya perubah dari tegangan 12V AKI menjadi tegangan 32VDC buat Power Audio sampeyan, kemudian alat itu diunpankan ke Power Sampeyan. Sedangkan Travo sampeyan yang asli dicopot untuk diganti Inverter tadi".
"Ow...begitu tah?"
"Oyi bos"
" Menarik nih......berarti saya harus beli Inverter ya?"
"Tul!. Di Malang sekitar 70rb sampai 75rb ( pada tahun 2014)"...
"Itu berapa Ampere?"
"Dugaan saya sekitar 6 Ampere 32VDC tergantung beban. kalau speakernya 4 Ohm ya agak berat ( tidak bisa optimal dalam menghasilkan arus DC ). Kalu speakernya 8 Ohm masih lumayan. Cuma suara bass masih kalah sama yang Impedansi 4 Ohm ( entah kenapa demikian )".
"Berarti kalau sama ongkos reparasi berapa?" tanya om Fulan
" Segini Om" kataku sambil menyodorkan catatan kebutuhan untuk merombak Power Rombeng untuk dijadikan Power Mobil.
"Oke setuju dah...Ini berapa hari jadi?"
" Sekitar butuh waktu 24 jam atau sekitar 6 hari kerja ( penulis adalah seorang karyawan pabrik dan servis elektro adalah pekerjaan sambilan yang cuma bisa sekitar 4 jam kerja)".. dos pundi ( bagaimana )?
"Oke lah".

Tak seberapa lama aku diberi uang sesuai dengan draft yang ku buat.
Itulah ilustrasi dalam rangka memodifikasi power Amplifier usang OCL 150W untuk dijadikan Power Mobil yang mutunya seperti power Mobil yang juta juta an harganya.

Berikut cara memodifikasi Power tersebut.
1. Copotlah travo 220VAC pada power tersebut. Catatan: Ini hanya berlaku untuk Power Amplifier dengan tegangan tunggal seperti symetrical 35VAC.

schematic block before modification


2.Gantilah Travo anda dengan Inverter 12VoltDC to 32 Volt DC symetris ( +32VDC, dan -32VDC ).Sedangkan  titik pemasangan kabel adalah paralel dengan Elco Power anda.

3. Jika dalam Power anda ada rangkaian tambahan ( semisal : Galaxi active loudness, atau yang lain yang menggunakan supplai 12, 9, atau 24Volt, maka gunakanlah IC regulator untuk itu. Lihat beberapa contoh dibawah ini

schema block after modification


4.Pastikan wiring anda telah terkoneksi dengan benar. Apabila ada kesalahan sedikit saja , maka dapat berakibat fatal, seperti Power Amplifier anda terbakar, Inverter anda rusak bahkan bisa berakibat cedera.

Rangkaian ini sudah saya praktekkan di berbagai pasien saya yang memiliki mobil dengan usia cukup lawas semisal HONDA CIVIC 80an, TOYOTA COROLLA 80an, dan HIJET 1000 dengan hasil sesuai dengan selera konsumen. Penulis belum pernah melakukan modifikasi seperti ini pada mobil mobil tergolong baru.

ARTIKEL LAINNYA:

AMPLI         CATUR      PLC     TV/AV    ELEKTRO    GITAR
INSTRUMENTASI  KOMPUTER    MUSIK   SOFTWARE

15 comments:

  1. Koq volume-nya jadi kecil sekali ya mas. Dan sub jadi panas bagian belakangnya. Mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. dipastikan saja dulu wiring nya gan. oya perlu diketahui, ground rangkaian bukan groundnya chasis ya. jadi kalau bisa input amplifier ini diberi 2 elco saja, + nya dikasih dan - dikasih pula. biar ground input amplifier dengan ground dari akki tidak "nabrak".

      Delete
  2. wah menarik sekali,kira2 ada resiko tidak ya om kalo kita menggunakan speaker aktif untuk sound mobil trus kemudian kita beri inverter...kalo ada resiko kira2 apa yang perlu kita lakukan untuk mengurangi resiko itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru bisa jawab. Resiko utama jika spiker aktif anda diterapkan dimobil adalah solderan pada PCb anda kadang sering copot. Pastikan jika sudah ditaruh dimobil, solderan harus prima. Makasih

      Delete
  3. Klo pk inverter 200watt bt speker aktif 50watt 8ohm perlu dicopot jg ga trafo dispeker? Apa bs lsng colok aja?

    ReplyDelete
  4. Klo pk inverter 200watt bt speker aktif 50watt 8ohm perlu dicopot jg ga trafo dispeker? Apa bs lsng colok aja?

    ReplyDelete
  5. Sebisa mungkin dipisah saja biar tidak saling kisruh. kuatirnya dalah ketika kita sedang menggunakan rangkaian ini pakai AKKI, terus kita kelupaan mencopot capit kabel ke AKKI dan kita juga mencolokkan steker ke listrik. Pasti ada yang nabrak tegangan dari Travo besi anda dengan travo switching.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Selamat malam mas Yohan,
    saya punya Home Theather 5.1 surround yang sudah rusak unit DVD nya, untuk diservice lagi katanya biaya sama aja beli baru, tapi Subwoofer dan speaker2 satelit nya masih bagus,pertanyaan saya bagaimana caranya kalau saya mau pakai subwoofer dan seluruh speaker satelitnya itu di mobil, maksud saya tetap dengan konsep 5.1 surround. apakah masih perlu pakai power amplifier lagi ? terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  8. kalau amplinya masih ada dan bisa, tentu tidak perlu bikin power amplifier. yang rusak DVD toh?. Jika bagian amplinya masih bisa, anda tinggal mengganti tegangan output dari travo menjadi output dari inverter. Semisal travo anda memiliki sekunder 24VCT, berarti anda harus beli inverter 12VDC to 24VDC .Di kota saya harganya sekitar 60rb s/d 76rb, mungkin dikota anda harganya sama.

    ReplyDelete
  9. Gan.... Njenengan tinggal di malang apa luar malang? Klo tinggal dimalang minta no tlp nya aja.. timbang ribet tanya takut jadi mbledosh... Ato sms ke nomer saya aja gan nanti tak mluncur ke rmh agan, niki nomer kulo 083835328518 (kusumo) matur tenkyu

    ReplyDelete
  10. Nanya bos....Bagaimana cara pasang simbadda cst 6300 elco ganda di mobil dengan menggunakan inverter trima kasih

    ReplyDelete