CATEGORY

Saturday, December 6, 2014

PG KREBET BARU II JUARA 1 BUMN PADA MUSIM GILING 2014

 AMPLI         CATUR      PLC     TV/AV    ELEKTRO    GITAR
INSTRUMENTASI  KOMPUTER    MUSIK   SOFTWARE

Pada saat tulisan ini dirangkai, nilai rendemen PG Krebet Baru II hari ini adalah  9,4 dan rendemen rata rata akumulatif adalah   8,71 dan sudah menyalib PG Mojopanggung sesudah 2 minggu ini.

Ini adalah angka yang membikin kami semua bangga bahwa ternyata pabrik kami masih mampu bertahan untuk kali ke 3 musim giling dalam meraih angka rendemen tertinggi pabrik gula BUMN se Indonesia.

Menurut beberapa sumber , PG Krebet Baru II tempat penulis bekerja telah meraih rangking nomer 7 se asia, nomer 2 se Indonesia, dan nomer 1 se BUMN. Bahkan saudara tua kami, PG Krebet Baru I telah berhasil mencapai rangking 3 se BUMN, padahal tahun lalu menempati urutan ke 7.

PT PG RNI unit PG Krebet Baru II Malang

Saya pribadi berpendapat, ini semua berkat hebatnya kerjasama yang baik antara kelompok yang mengusahakan tebu mulai ditanam hingga masak pohon / cukup usia untuk tebang, Seleksi kebersihan  dan kelayakan tebu di Emplasemen, Penerapan disiplin tinggi dalam mengawasi proses penggilingan, serta mesin pengolah nira seperti juice heater, vacuum pan, modifikator PH, Continous centrifugals ( Konti ),Pan masak, Batch centrifugals ( puteran ), Dryer hingga Talang Goyang yang kesemuanya bekerja dengan optimal dan dijaga betul kelancarannya.

Sebenarnya kunci dari ini semua diantaranya adalah giling yang lancar dan strategi pengawalan proses yang disiplin. Jika Kita Giling lancar, maka dapat dipastikan hasil gula yang didapat pasti akan baik dan tentu saja nilai rendemen harian akan naik pula. Jika demikian, maka rendemen rata rata akumulatif akan ikut naik perlahan. Jika hal ini diteruskan, maka akan terjadi pencapaian angka rendeman yang tinggi seperti sekarang ini. Pengawalan Proses pun juga jadi penyebab kesuksesan pengolahan bahan baku tebu hingga menjadi kristal gula bersih yang dicita citakan. Komunikasi antar kelompok juga sangat intens. Tak jemu jemu kelompok Instalasi dan kelompok Fabrikasi saling informasi soal kualitas bahan olahan dan Status mesin pendukung proses. Dan semakin hebat lagi dengan siaran berkala tiap satu jam dari Quality Control ( QC ) yang menginformasikan hasil perbuatan kelompok Instalasi dan Fabrikasi. Bahu membahu mereka dalam membikin sebutir dua butir kristal gula yang manis, bersih, bening, dan unggul.

Sebagai orang Instrumen, maka saya hanya bisa ikut bangga bisa membantu perusahaan ini bisa mencapai rendemen angka tersebut diatas. Terus terang sistim Informasi yang telah kami buat sudah cukup membantu rekan rekan Instalasi dan Fabrikasi dalam rangka membuat gula sebaik dan sebanyak mungkin. Saya cukup bangga bisa membantu mereka dalam hal menyediakan sistim Informasi parameter yang sudah 2 tahun ini kami rintis, mengingat posisi saya hanyalah seorang karyawan borongan yang biasanya pada status ini kaum borongan kurang mendapat kepercayaan atas sumbangsihnya dalam keikutsertaan dalam membikin gula sehebat sekarang ini.




Harapan kita semua semoga tahun depan akan dicapai rendemen yang lebih hebat dari tahun ini, syukur syukur bisa mencapai angka 9koma seperti yang tertulis pada lampion lampion sinyal giling di area pabrik. Kami sengaja membuat lampion tersebut sebagai sugesti kami bahwa jika melihat lampion tersebut, maka kami akan teringat sebuah angka rendemen target kami: SEMBILAN.

ARTIKEL LAIN:

AMPLI         CATUR      PLC     TV/AV    ELEKTRO    GITAR
INSTRUMENTASI  KOMPUTER    MUSIK   SOFTWARE

1 comment:

  1. semoga dengan prestasi ini, kesejahteraan karyawan makin meningkat.

    ReplyDelete