CATEGORY

Sunday, December 21, 2014

MAHALNYA MEMBANGUN JARINGAN PLC

AMPLI         CATUR      PLC     TV/AV    ELEKTRO    GITAR
INSTRUMENTASI  KOMPUTER    MUSIK   SOFTWARE

Pada Masa Giling 2014, penulis mendapat instruksi dari atasan untuk mengembangkan jaringan sederhana LOCAL AREA NETWORK untuk memonitoring parameter parameter yang ada di seluruh pabrik.


Jadinya tahun 2015 akan seperti ini:

Topologi LAN instrumen PG Krebet Baru II 2015


Jika diurut urut, maka dibutuhkan alat alat berikut ini:
1.PC dengan layar lebar untuk local monitoring di setiap stasiun / section.

2. HMI ( Human and Machine Interface) sebagai alat komunikasi antara operator / teknisi dengan PLC seputar setting dan diagnostic.

3. PLC dengan fitur ADC ( Analog to Digital Converter) untuk kepentingan akuisisi data dan kontroll PID.

4.Ethernet HUB untuk penghubung Node to Node.

5. Kabel UTP secukupnya. Saya pernah menghitung butuh sekitar 800 meter kabel untuk menghubungkan 5 stasiun  dan belasan  komputer di pabrik ini.

6. Screen  / Monitor layar lebar ( diatas 32") untuk menampung tampilan sekitar 100 lebih parameter seluruh pabrik, semisal menampilkan parameter Boiler, Gilingan, Listrik, Pemurnian, Kristalisasi.



Berikut ini adalah ilustrasi alat alat yang dibutuhkan untuk menampilkan 1 parameter dalam sebuah pabrik gula dimana tempat penulis bekerja.

Sistim monitoring mulai sensor hingga PC kantor
Membuat 1 parameter tampilan, dibutuhkan mulai dari sensor, kabel, power supplai, PLC, Display , Ethernet HUB, PC inti Ganda ( semisal Dual Core, Core2Duo, i3 dan seterusnya ), dan layar LCD yang lebar ( makin lebar makin baik agar bisa menampilkan parameter sebanyak banyaknya ).

Rupiah yang harus dibayar untuk sistim monitoring.
Jika anda bertanya berapa rupiah yang harus dikeuarkan untuk membiayai sistim monitoring ini, anda pasti tahu jawabannya:  Lumayan Mahal.

ARTIKEL LAIN:

AMPLI         CATUR      PLC     TV/AV    ELEKTRO    GITAR
INSTRUMENTASI  KOMPUTER    MUSIK   SOFTWARE

No comments:

Post a Comment