CATEGORY

Monday, December 1, 2014

EXCELL 2007 MONITORING PG KREBET BARU II BERTAHAN HINGGA AKHIR GILING 2014

  AMPLI         CATUR      PLC     TV/AV    ELEKTRO    GITAR
INSTRUMENTASI  KOMPUTER    MUSIK   SOFTWARE

   Sejak diajarkan teknik menampilkan beberapa parameter di stasiun boiler Yoshimine dengan menggunakan Microsoft Excell 2007 oleh Pak Maimun Mahdi ( sekarang sebagai Enginering Manager PG Krebet Baru II ) pada 2013 lalu, maka dengan segera saya kembangkan ilmu dasar tersebut menjadi sebuah aplikasi monitoring parameter boiler, gilingan, dan pabrik tengah di PG Krebet Baru II, Malang.


 PLC modular seperti type OMRON CJ series diperkenalkan pertama kali ke stasiun Instrumen PG Krebet Baru II adalah pada tahun 2012 oleh Pak Kusnanto Wiyono, Staff Listrik KB2 dan Staff Instrumen KB2 dengan maksud untuk menggantikan keberadaan PLC lawas yang ada di area Puteran yang menggunakan PLC type CQM1H series buatan 1999-an. Kemudian disusul dengan berkenalan  dunia analog via PLC sejak ada Otomatisasi Gilingan dengan menggunakan PLC pada 2011. Pada 2012 berkenalan dengan analog PLC merk Schneider type M340. Pada tahun 2013 kami memiliki PLC dengan LAN. Pada tahun 2013 Pak Pudi Utomo bergabung dengan Instrumentasi Krebet Baru II dan memperluas distribusi monitoring ke seluruh area Pabrik.

   Monitoring tersebut antara lain memonitor Steam Flow Boiler, Water Flow Boiler, Water Level, Furnace temperature, steam temperature, Steam Press, yang kesemua parameter tersebut dapat di pantau di kantor Instalasi tanpa perlu ke lokasi dimana parameter tersebut berada.

   Contoh bagaimana cara komputer dikantor bisa melihat besarnya tekanan Boiler Yoshimine yang jaraknya sekitar 80 meter dari kantor? Jawabnya adalah seperti berikut:

a.Pada pipa keluaran boiler yang bertekanan itu diberi sensor tekanan yang biasanya disebut dengan Transmitter atau P/I ( pressure to Current ) Transducer. Sensor tersebut mengeluarkan sinyal listrik yang dihubungkan ke Analog module dari sebuah PLC. Di pabrik kami menggunakan PLC merk OMRON CJ2M CPU31 yang memiliki ethernet port.PLC ini di isi dengan program scaling dan program program yang diperlukan untuk mendukung kepentingan monitoring dan kontrolling.
contoh isi program scaling pada Ladder PLC OMRON untuk salah satu parameter
b.PLC dihubungkan ke Ethernet Hub dengan menggunakan kabel UTP ( Un Twisted Pair ).Pastikan kabel UTP tidak lebih dari 80 meter untuk mencegah sinyal error dan permasalahan komunikasi LAN lainnya.

c.PC yang dikantor juga dihubungkan ke Ethernet Hub. Ethernet Hub ini juga terhubung dengan PC di tiap stasiun juga PLc di setiap stasiun stasiun.Kami memasang PLc untuk mengawasi parameter PH dan vacuum Pan, Gilingan, Boiler Yoshimine dan Boiler Maxitherm.
topologi jaringan 2015
Topologi jaringan Instrumen PG Krebet Baru II Malang

  
d.PC di install sebuah aplikasi OMRON CX SERVER OPC buatan OMRON. aplikasi ini berfungsi mengambil isi data dari alamat memori ( Direct Memori ) PLC PLC yang tersebar di jaringan komputer.Disitu kita buat sebuah file yang berisikan alamat alamt parameter yang akan diawasi dan file tersebut berformat *.cdm.

e.PC yang dikantor dibuatkan sebuah file dengan format *.xlsm ( excell worksheet dengan macro ) sebagai aplikasi utamanya.Di situ dibuatkan semacam active x buatan OMRON yang bernama OMRON CX COMMUNICATION CONTROLL yang berfungsi menghubungkan isi dari file *.cdm biar bisa ditampilkan pada layar Excell 2007.

Salah satu screenshoot monitoring tahun 2013 lalu

Monitoring di salah satu panel stasiun Boiler pada tahun 2014
 Masih dilayar excell, untuk tampilan angka angka kita bisa menggunakan Active x yang bernama OMRON CX 7 SEGMEN sebagai pengganti tampilan kontroller, bisa juga menggunakan OMRON CX ROTATIONAL GAUGE sebagai pengganti Pressure Gauge yang dilapangan. Kemudian tampilan kita percantik sedemikian rupa sehingga nampak seperti Aplikasi yang serius.

salah satu contoh screenshoot Monitoring Gilingan dan PH pada saat Giling 2014




Salah satu screen shoot Monitoring Boiler saat Giling 2014
Monitoring ini mengawasi lebih dari 40 parameter pabrik. karena dirasakan masih kurang cukup, maka dalam 1 PC dibuat 2 Graphic Card supaya bisa menampilkan 2 layar plasma 51" yang menampilkan parameter Boiler, Gilingan dan Pabrik Tengah.

Monitoring ini sudah di update berkali kali sesuai permintaan dan yang terakhir adalah dibuatkan  OMRON DATA VIEWER, yakni semacam data logging parameter parameter yang ada di seluruh pabrik untuk kepentingan evaluasi kinerja peralatan dan studi sebuah kasus yang terjadi beberapa waktu yang telah lewat untuk diperbaiki dikemudian waktu.

Salah satu contoh data logging Level Maxitherm dan Level Yoshimine




Monitoring ini hingga tulisan ini dibuat ( awal desember 2014 ) masih tetap digunakan sebagai alat pantau para staff ( supervisor ) dalam mengawasi area yang menjadi tanggung jawabnya dan digunakan sebagai bahan diskusi untuk menentukan setting terbaik suatu alat produksi.

   Penulis mengucapkan terima kasih ke semua pihak yang telah mengajarkan, memberi masukan dan memberi kritikan atas keberhasilan kami dalam membuatkan aplikasi ini.

   Semoga tulisan ini menjadi inspirasi buat teman teman instrumen pabrik lain yang belum sempat dan ingin membuat hal semacam ini.
ARTIKEL LAIN:

 AMPLI         CATUR      PLC     TV/AV    ELEKTRO    GITAR
INSTRUMENTASI  KOMPUTER    MUSIK   SOFTWARE

3 comments:

  1. Alkhamdulillah debgan adanya monitoring telah ikut menyumbang kelancaran giling dan turut mempertahankan juara di lingkup bumn di tahun ke3dan menghantarkan pg kb2 menjadi juara 1 dari 52 pg di indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju pak! Sebenarnya sistim informasi monitoring parameter peralatan produksi di PG Krebet Baru II ini termasuk vital, buktinya setiap ada perubahan sedikit saja dari suatu peralatan ataupun instrumen di sebuah stasiun, maka stasiun lain akan memberi info. Misalkan Tekanan dari Pihak A kelewat tinggi, maka Pihak B akan kasih tahu, Flow ini, suhu itu, RPM ini, Level itu dan sebagainya, berbagai pihak saling menginfo.
      Berarti sistim informasi monitoring ini adalah jembatan penghubung sistim komunikasi antar stasiun dalam mengawal proses tebu masuk hingga menjadi kristal gula.
      Kami menunggu gebrakan pak Pud di musim Giling 2015 nanti. Makasih Pak Pud.

      Delete
  2. saya hanya bisa bilang wow...
    pengen banget sebenarnya bisa buat kayak ini...
    artikel yang bermanfaat banget,trimakasih..

    ReplyDelete